Selamat Datang!

Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar, OK!

Tab

Rabu, 11 Januari 2012

Pidato



Yang terhormat., Bapak Ketua STIKES Wira Medika PPNI Bali..
Yang terhormat ,Bapak/Ibu Civitas Akademika STIKES Wira Medika PPNI   Bali.
Yang saya hormati , Bapak-bapak dan Ibu-ibu dosen STIKES Wira Medika PPNI Bali.
Yang saya banggakan kakak-kakak BEM STIKES Wira Medika PPNI Bali.
Dan rekan-rekan mahasiswa  yang saya cintai.

          Sebelum saya memulai pidato saya ini yang bertemakan Pentingnya Tugas Seorang Perawat. Mari kita panjatkan puja dan puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena berkat-Nya lah kita disini dapat berkumpu dengan keadaan sehat.

" OM SWASTYASTU " Salam Sejahtera

          Terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya.Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato saya yang bertema " Pentingnya Tugas eorang Perawat ". Seperti yang kita ketahui, sekarang ini musim nya sangatlah tidak bersahabat atau juga tidak menentu.
Akibat dari musim pancaroba tersebut,banyak terjadi bencana dimana-mana. Contohnya seperti sekarang ini, dimana-mana terjadi banjir akibat hujan yang turun pun juga tidak menentu. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan rumah-rumah warga tergenang banjir hingga bahu orang dewasa. Banjir juga disebabkan akibat terlalu banyak atau terlalu ,menumpuknya sampah-sampah yang  yang dibiarkan berserakan begitu saja.Kemudian sampah tersebut ikut tergenang  bersama banjir. Dan hal tersebut  juga dapat mengakibatkan segala penyakit akan berkembang biak dan akhirnya  mansia lah yang akan terkena imbas nya. Salah satu penyakit yang dapat diderita adalah penyakit diare.

          Saudara-saudara semuanya , kita sebagai tenaga medis dan sebagai tenaga kesehatan tentunya tidak bisa hanya berdiam diri saja. Tetapi itu merupakan tugas untuk kita agar kita dapat belajar dari segala keadaan yang ada.Dan juga sangat diperlukan untuk membantu para korban akibat banjir tersebut. Dengan menyediakan fasilitas seperti penampungan para korban yang rumah nya terendam banjir dan tidak dapat dipakai untuk sementara.
Dimana di tempat penampungan tersebut kita dapat membantu korban bencana banjir tersebut agar mereka tidak tertular penyakit akibat adanya banjir terutama penyakit diare. Dan penyakit tersebut tidak mengenal usia yaitu dapat menyerang dari anak-anak , remaja dan orang dewasa.

          Kita sebagai tenaga kesehatan patutnya dapat membantu mereka seperti memberi obat, vitamin, dan tentu nya perawatan yang lebih intensif. Sejalan dengan hal tersebut, masih banyak penyakit-penyakit yang akan bermunculan seperti Demam Berdarah. Penyakit Demam Berdarah juga dapat dikatakan penyakit akibat banjir yang mulai surut. Proses penyembuhannya sangat lama. Dan kemungkinan besar dapat menyebabkan kematian. Tetapi hal tersebut dapat dicegah dengan kita dapat merawatnya secara intensif. Kita juga dapat memberikan penyuluhan untuk menanggulangi Demam Berdarah tersebut,yaitu dengan tindakan 3 M. Yang artinya, Menguras bak mandi setiap seminggu sekali, Menutup barang-barang seperti gentong air, dan yang terakhir Mengubur barang-barang bekas.


          Saudara-saudara sekalian,selain itu ada beberapa bencana lagii yang dapat kita temui akhir-akhir ini seperti Gunung Meletus. Di tempat pengungsian sangat diperlukan tenaga-tenaga medis untuk membantu para pengungsi. Penyakit yang biasa diderita adalah penyakit sesak nafas akibat menghirup gas-gas yang keluar dari gunung itu sendiri, alergi akibat debu-debu yang di keluarkan gunung tersebut. Dengan melihat keadaan seperti itu kit adapt memberikan pertolongan yang cepat terutama pada korban yang sesak nafas argar diberi tabung oksigen agar dapat bernafas seperti biasa. Dimana tabung tersebut dapat menyelamatkan nyawa seseorang.

          Maka dari itu, tenaga kesehatan khususnya tenaga kperawat sangat dibutuhkan dimana saja berada dan kapan saja dibutuhkan. Tidak hanya di kawasan yang terkena musibah saja, melainkan di kawasan yang tidak terkena masalah juga dapat kita berperan aktif. Contohnya kita dapat memberikan penyuluhan tentang bagaimana kita dapat menjaga kesehatan sejak dini agar suatu saat dapat terhindar dari segala penyakit mulai dari penyakit yang ringan maupun yang parah. Seyogyanya kita sebagai tenaga medis sangat perlu dan berkewajiban untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat.

          Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Dan saya berharap pidato ini dapat berguna dan menyadarkan betapa pentingnya tugas yang diemban bagi seorang tenaga kesehatan khususnya dalam bidang keperawatan. Karena perawat lah yang sangat berperan lebih banyak ketuka bersama dengan pasien dan jika ada orang yang sakit dan membutuhkan tenaga perawat itu sendiri.

          Dan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.


  "OM Santi, Santi, Santi OM"


0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya teman - teman, untuk menjadikan blog ini semakin berkualitas dan bermanfaat. Terima Kasih :)

Daftar Isi Blog