Selamat Datang!

Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar, OK!

Tab

Rabu, 11 Januari 2012

Sistem Operasi


BAB I
PENDAHULUAN

1.1         LATAR  BELAKANG

Tanpa perangkat lunak (software) sebuah komputer sebenarnya sekumpulan besi yang tidak berguna. Dengan software sebuah komputer dapat digunakan untuk menyimpan, mengolah data (memproses) dan mendapatkan kembali informasi yang telah disimpan, menemukan kesalahan dalam program,memainkan games dan menggunakan banyak aktivitas lainnya yang bernilai.Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai software komputer khususnya operating system, terlebih dulu kita akan membahas mengenai komputer secara garis besar, agar dapat mempermudah kita nanti dalam mempelajari materi pokok kita yaitu masalah operating system /system operasi.

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerjasama, dapat menerima data (input),mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program  yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut :
*    Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam  memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
*    Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
-    Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang  pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
-   Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
*       Memori adalah  E pada komputer.
Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu ;
Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua
*       Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputertersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebutdi  olah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

1.2         RUMUSAN MASALAH

-       Pengertian Sistem Operasi?
-       Fungsi Dasar Sistem Operasi?
-       Tujuan Mempelajari Sistem Operasi?
-       Sejarah Sistem Operasi?
-       Kelebihan Dan Kekurangan Windows?

1.3         TUJUAN
-       Untuk mengetahui sistem operasi.
-       Untuk mengetahui fungsi dari sistem operasi
-       Untuk mengetahui tujuan  sistem operasi
-       Untuk mengetahui sejarah sistem operasi
-       Mengetahui kelebihan dan kekurangan  windows

1.4         MANFAAT
Pembaca dapat memahami tentang sistem operasi, fungsi sistem operasi serta sejarah sistem


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN SISTEM OPERASI

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital.Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.

2.2 FUNGSI DASAR

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.



2.3 TUJUAN MEMPELAJARI SISTEM OPERASI

Tujuan mempelajari sistem operasi agar dapat merancang sendiri serta dapat memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kita, agar dapat memilih alternatif sistem operasi, memaksimalkan penggunaan sistem operasi dan agar konsep dan teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain.

2.4 SEJARAH SISTEM OPERASI MICROSOFT WINDOWS

-       1983 - November: Microsoft Windows diperkenalkan, dan dijual $100.
-       1985 - November: Windows 1.0 diperkenalkan, dijual $100.
-       1987 – Desember: Windows 2.0 dan Windows/386, dijual $100.
-       1988 – Juni: Windows/286, dijual dengan harga $100.
-       1990 – Mei: Windows 3.0, dijual $149,95 dan upgrade version $79,95.
-       1991 – Oktober: Windows 3.0a (support multimedia).
-       1992 – April: Windows 3.1, terjual 1 juta copy dalam 2 bulan
-       1992 – Oktober: Windows for workgroup 3.1.
-       1993 – Agustus: Windows NT 3.1.
-       1993: Licensed user dari Microsoft Windows secara keseluruhan
mencapai lebih dari 25 juta.
-       1994 – Februari: Windows for Workgroup 3.11.
-       1994 – September: Windows NT 3.5.
-       1995 – Juni: Windows NT 3.51
-       1995 – Agustus: Windows 95, terjual lebih dari 1 juta copy dalam 4 hari
-       1996 – Agustus: Windows NT 4.0
-       1996 – November: Windows CE 1.0
-       1997 – November: Windows CE 2.0
-       1998 – Juni: Windows 98
-       1998 – Juli: Windows CE 2.1
-       1999 – Mei: Windows 98 SE (Second Edition)
-       1999 - Windows CE 3.0
-       2000 – Februari: Windows 2000
-       2000 – Juli: Windows ME (Millennium)
-       2001 – Oktober: Windows XP (experience Professional)
-       2002: Microsoft for PPC
-       2003: Microsoft Server 2003
-       2003 - November Windows Longhorn disebarkan kekalangan terbatas
rencana akan dijual untuk umum pertengahan 2006.

2.5     KELEBIHAN WINDOWS

-       Pengguna bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi pada saat yang
bersamaan
-       Pengguna bisa membuka lebih dari satu file dalam waktu yang
bersamaan
-       Pengguna bisa sharing dari data aplikasi yang lain dengan mudah.
-       Terdapat banyak aplikasi yang kompatibel dengan windows.
-       And user artinya orang yang awam tentang komputer bisa
menjalankannya.
-       Banyak didukung oleh vendor hardware dan software.
-       Digunakan oleh mayoritas pengguna komputer di dunia.

2.6     KEKURANGAN WINDOWS

-       System file yang agak kacau, Contohnya: apabila menginstall suatu aplikasi,system file DLL akan diletakkan di C:\Windows\System\ sementara aplikasi itu sendiri terletak ditempat lain. Ini akan menyusahkan saat menguninstall aplikasi tersebut, dan sewaktu pengintegrasian DLL (Dynamic Link Libraries)
-       Menyebabkan ketergantungan penggunaan produk Microsoft.
-       Space hardisk yang dibutuhkan besar.
-       Sistem security yang lemah dan mudah dijebol oleh para hackers.
-       Membutuhkan memori fisik besar.
-       Membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi.
-       Harga licensi yang mahal Windows xp $295,Office$362, OS server $3585
-       Membutuhkan perawatan yang terus menerus dan prosedur yang sesuai dengan panduan yang ada saat menggunakannya.




BAB III
PENUTUP

3.1      KESIMPULAN

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna . Tujuan mempelajari sistem operasi agar dapat merancang sendiri serta dapat memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan  kita . Pada awal  terbentuknya  yaitu 1983 - november: microsoft windows diperkenalkan, dan dijual $100. Dan  2003 - November Windows Longhorn disebarkan kekalangan terbatas rencana akan dijual untuk umum pertengahan 2006.  Adapun kelibahan Pengguna bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi pada saat yang bersamaan Pengguna bisa membuka lebih dari satu file dalam waktu yang bersamaan. Dan juga ada kekurangannya yaitu Menyebabkan ketergantungan penggunaan produk Microsoft. Sistem security yang lemah dan mudah dijebol oleh para hackers.

3.2      SARAN-SARAN

Disarankan bagi pembaca lebih memahami keguanaan  dari sistem operasi dan memperhatikan keuntungan dan kerugian dari windows. Karena seperti yang kita ketahui. Jaman teknologi sangat berkembang pesat di jaman modern ini. Jadi giatlah belajar mengenai teknologi agar tidak menjadi gagap teknologi.







DAFTAR PUSTAKA
-       Ali Pangera, Abas. 2005 Sistem Operasi.Yogyakarta: CV Andi Offset.
-       Sila Wedjo, Silvester. 2006.  Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya teman - teman, untuk menjadikan blog ini semakin berkualitas dan bermanfaat. Terima Kasih :)

Daftar Isi Blog